Friday, July 13, 2012

gubahan

sebelumnya, maaf banget kalo bahasanya kurang berkenan. ini hanya gubahan belaka, dengan maksud menjadi pembelajaran terutama bagi saya.

***
Candi Borobudur.
Candi borobudur bukan keajaiban dunia, "cuma" world heritage list yang ke 596.
pas gue ada disitu, gue liat... banyak *banget* orang lokal yang foto-foto, kadang sampe melanggar beberapa peraturan yang udah dibuat, ya duduk-duduk di stupa, atau manjat, nginjek,dsb. gue gatau apa motif orang-orang kayak gitu buat dateng ke candi borobudur ini..
Nowdays generation forgot those people who raised this temple. 
gue sedih aja liatnya gue yakin 75%-90%  yang dateng kesini tertarik buat "liat doang" candi bororbudur atau foto sama stupa, coba aja tanya sejarahnya, satpam yang udah sekian lama disini aja gatau, kalaupun mereka udah tau, emang mereka dateng kesini mau memaknai sejarah yang udah mereka dapet itu? loh? emang tujuan umum adanya sejarah kan buat dimaknai, dan dijadikan pelajaran buat kedepannya.
Alibi gue nulis beginian, dengan sekian juta orang lokal yang dateng dan ada di candi borobudur ini, harusnya mereka bisa ngambil pelajaran, dan setidaknya indonesia gak begini-begini amat.
gue aja yang bego kali ya? gue nggak ngerti indonesia kita ini.

Merapi, Kinahrejo
Gue sekarang ada di merapi. pelajaran yang bisa gue ambil dari kisah masa lalu merapi..
Lo tau mbah Maridjan? gue di satu sisi salut sama dia, berani mempertaruhkan nyawanya buat ngejaga dengan baik amanah dari pemimpinnya atau Sri Sultan Hamengkubuwono x. pemerintah sekarang boleh ngambil sisi bagus ini dari mbah Maridjan, 

oiya, baru-baru ini kan DKI Jakarta baru aja menyelesaikan PEMILU putaran pertama buat gubernur baru. gue mau ngomong, nanti kalo udah kepilih nih gubernur yang baru, mau Foke, mau Jokowi, terserah, yang penting kalo mereka melakukan sesuatu yang diluar harapan masyarakat, jangan buru-buru nyalahin gubernurnya, karena pada awalnya yang bikin orang-nya jadi gubernur siapa? kecuali kalo menganut sistem kerajaan, kayak di jogja.

Bussiness Train. Fajar Utama
Karena faktor usia, biasanya orang orang "senior" akan rela membayar lebih untuk mendapatkan kenyamanan mereka, semakin nyaman semakin baik.

holiday regards, Dhiya

2 comments: